logo

Para siswa kelas lima merayakan Pameran PYP mereka pada hari Jumat, 4 Mei lalu dengan fokus pada “Bagaimana Dunia Bekerja”. Ini adalah perayaan puncak dari pengalaman PYP mereka di Sekolah IB. Menurut Buku Panduan IB, “Siswa diharuskan untuk terlibat dalam proses penyelidikan kolaboratif dan transdisipliner yang melibatkan mereka dalam mengidentifikasi, menyelidiki, dan menawarkan solusi untuk masalah atau masalah kehidupan nyata.”

Ada sejumlah tujuan utama dari Pameran ini. Salah satu tujuannya adalah “agar siswa terlibat dalam penyelidikan kolaboratif yang mendalam.” Tahun ini, para mahasiswa dibagi ke dalam empat kelompok minat yang berpusat pada desain di bidang robotika, biomimikri, dan struktur. Para siswa meneliti di bidang-bidang ini dan menggunakan siklus desain untuk memecahkan masalah di komunitas sekolah.

Tujuan lain dari Pameran ini adalah “memberikan kesempatan kepada para siswa untuk menunjukkan kemandirian dan tanggung jawab atas pembelajaran mereka sendiri.” Para siswa didorong untuk melakukan penelitian mereka sendiri berdasarkan ide-ide utama dan garis penyelidikan yang mereka buat. Mereka menggunakan ini sebagai panduan untuk membuat pertanyaan konsep utama mereka sendiri untuk memandu penelitian mereka.

Tujuan lainnya adalah “memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengeksplorasi berbagai perspektif.” Para siswa didorong untuk mengeksplorasi ide-ide utama mereka melalui berbagai perspektif. Para mahasiswa mengeksplorasi konsep kapan harus mempertanyakan perkembangan robotika, bagaimana dan kapan harus merancang bangunan yang aman dari bencana alam atau kekuatan berbagai kekuatan, dan bagaimana penggunaan biomimikri dapat menggunakan pemahaman tentang bagaimana dunia bekerja untuk merancang penemuan baru dengan lebih baik.

Tujuan selanjutnya dari pameran ini dapat lebih menantang bagi siswa yang baru mengikuti program PYP, “agar siswa dapat mensintesis dan menerapkan pembelajaran mereka di tahun-tahun sebelumnya dan merefleksikan perjalanan mereka selama mengikuti PYP.” Namun, semua siswa tahun ini mampu menerapkan pembelajaran mereka pada lima elemen penting PYP.

Tujuan selanjutnya dari pameran ini adalah untuk “menyediakan proses otentik untuk menilai pemahaman siswa.” Siswa dapat merefleksikan diri dan menerima penilaian dari teman sebaya, orang tua, dan guru untuk merefleksikan pemahaman mereka tentang pertanyaan mereka.

Tujuan lain dari Pameran ini adalah “untuk mendemonstrasikan bagaimana siswa dapat mengambil tindakan sebagai hasil dari pembelajaran mereka.” Tahun ini, para siswa menggunakan siklus desain untuk merancang robot untuk memungut sampah di lorong-lorong, pemberi makan ikan untuk memberi makan ikan di kelas pada hari libur, robot untuk mengingatkan siswa agar membersihkan diri di kantin, model taman bermain EC untuk sekolah kami, dan purwarupa penutup naungan baru untuk taman bermain K-2 yang terinspirasi dari cara daun-daun menunduk dan memantul ke atas setelah air dan benda-benda lain jatuh di atasnya.

Tujuan selanjutnya dari Pameran ini adalah “untuk menyatukan para siswa, guru, orang tua, dan anggota komunitas sekolah lainnya dalam sebuah pengalaman kolaboratif yang menggabungkan elemen-elemen penting dari PYP.” Para siswa tahun ini bekerja dengan para mentor dari sekolah dasar dan menengah, mahasiswa AP Fisika, Dr. Santiago, Ms. Desfosses, Pak Michael, Pak Teguh dan timnya, para guru EC, siswa ASA makerspace, dan seorang profesor tamu dari Kanada untuk menyebutkan beberapa dari banyak anggota komunitas yang terlibat dalam kolaborasi tahun ini.

Tujuan utama terakhir dari Pameran PYP adalah “untuk merayakan transisi siswa dari pendidikan dasar ke pendidikan menengah/sekolah menengah.” Perayaan ini terlihat jelas pada hari Jumat lalu ketika para siswa kelas lima berbagi pembelajaran dan keinginan mereka untuk belajar lebih banyak tentang penyelidikan yang mereka lakukan selama perjalanan Pameran.

Para siswa harus bangga dengan kerja keras dan dedikasi mereka dalam proses siklus penelitian dan desain jangka panjang ini. Pameran ini memungkinkan mereka untuk membuktikan kepada diri mereka sendiri dan orang lain bahwa mereka siap untuk menghadapi tantangan jangka panjang berbasis proyek dari program sekolah menengah. Selamat kepada seluruh siswa dan terima kasih kepada seluruh komunitas yang telah mendukung kami sepanjang perjalanan Pameran tahun ini!

 

Comments are closed.